Melukis Digital Dengan Mouse

Melukis dengan cat minyak atau cat air itu biasa.  Melukis dengan crayon pun sudah biasa dilakukan oleh anak-anak TK yang lagi belajar mewarnai. Lalu bagaimana bila kita melukis digital dengan mouse yang sudah biasa jadi pegangan tiap hari?

Adalah Psykopaint yang punya ide membuat sebuah social media yang berbasis pada seni melukis digital.  Web yang satu ini memang cukup unik.  Ketika website social media yang lain berbagi ocehan dan kicauan, maka di Psykopaint ini kita ditantang untuk menggunakan imajinasi kita dalam membuat sebuah lukisan bak seorang pelukis semacam Leonardo da Vinci atau Affandi. Tentu saja kita tak perlu mengotori tangan dengan cat minyak dan harus pegang kuas, hanya bermodalkan mouse ditangan kita dan yang pasti sejauh mana imajinasi kita menghasilkan lukisan yang enak dilihat.

Pada tampilan pertama kita akan disuguhi sebuah jendela yang mengarahkan pada dua tautan.  Explore, untuk melihat galeri dari user Psykopaint yang sudah menyimpan hasil karyanya ataupun untuk melihat karya kita sendiri.  Disana kita bisa melihat karya orang lain, memberi komentar, bahkan memberikan ‘love’ dan favorit pada lukisan yang kita sukai. Paint, yang mengarahkan kita pada kanvas tempat kita melukis.

Melukis dengan Mouse

Pada bagian ini kita diberi beberapa pilihan; Paint your own yaitu melukis dari referensi  foto milik kita sendiri; Pick an image yaitu melukis berdasar referensi yang sudah disiapkan website; Paint from scratch yaitu melukis di kanvas kosong.

Nah disinilah dimulai keasikannya.  Saat kita sudah menyiapkan foto yang ingin kita ubah menjadi lukisan, maka waktunya melukis dengan mouse, dimana kita akan menggoreskan kuas ke kanvas sesuai style atau keinginan kita.  Ada bermacam-macam jenis kuas yang disiapkan.  Silakan mencoba satu persatu dan pilih yang sesuai seleramu.

Melukis dengan mouse

Dengan fasilitas zoom, kita bisa menggoreskan kuas dengan lebih detail pada obyek.  Dan meskipun website Psykopaint ini berbasis flash namun ada fitur Undo (Ctrl+Z) maka jika kita salah menggoreskan kuas, masih bisa kita balikkan pada goresan sebelumnya. Untuk lebih jelas bagaimana melukis digital, silakan kunjungi dan mencoba sendiri di website Psykopaint, DISINI.

Dibawah ini adalah beberapa contoh hasil lukisan digital yang pernah saya bikin.  Mungkin tidak begitu memuaskan dilihat, tapi kegiatan ini sangat mengasyikkan untuk mengisi waktu luang dengan berekreasi pikiran. 😀

About Arwan

Penjelajah waktu yang suka nyeruput kopi. Founder IDSN dan Locomotype. Twitter | FB | Blog | Instagram

View all posts by Arwan →